Bebaskan Dirimu dari Masalah Haid

Ukhti yang sholehah, disaat kita sedang menstruasi atau menjelang menstruasi terkadang kita mengalami permasalahan yang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi kita. Benar kan? Seperti rasa kram atau nyeri, perut kembung, perubahan suasana hati, hingga tidur kita yang terganggu. Hal-hal tersebut sangat wajar terjadi bagi seorang wanita. Nah, berikut ada beberapa tips nih agar para ukhti bisa berdamai dengan siklus bulanan atau haid.

  • Mengonsumsi makanan sehat
    Selama haid atau sebelumnya, perbanyak konsumsi makanan dan buah-buahan yang banyak mengandung serat. Karena serat sendiri sangat penting dan baik untuk kelancaran haid wanita. Dan juga tingkatkan asupan air serta cairan dan perbanyak makan sayuran berdaun hijau ya.
  • Hindari makanan pedas dan berminyak karena dapat menimbulkan dan memperparah masalah saat mengalami haid
  • Olahraga
    Olahraga sangat baik untuk tubuh. Olahraga dapat membantu mengurangi gejala nyeri menjelang haid, melancarkan siklus haid, dan dapat mencegah perut kembung. Sempatkanlah untuk melakukan olahraga ringan secara rutin atau setiap hari.
  • Menjaga kebersihan diri
    Saat sedang haid jangan pelit menggunakan embalult, sering-seringlah mengganti pembalut setiap 4-6 jam dan jangan lupa selalu cuci tangan pakai sabun sebelum serta sesudah mengganti pembalut.
  • Menjaga kelembaban dan tetap kering
    Menjga kelembaban dan tetap kering adalah hal yang sangat penting untuk menghindari bau yang tidak sedap serta mengurangi resiko kemungkinan terkena infeksi. Jangan menggunakan celana dalam yang ketat lebih dari 6 jam ya, karena itu bisa menimbulkan gatal yang memicu rasa tidak nyaman.
  • Gunakan pakaian yang nyaman
    Kenakan pakaian yang tepat dan nyaman ditubuh. Menggunakan celana jins ketat dan atasan yang terlalu pas di badan akan menimbulkan ketidaknyamanan sehingga memperburuk kondisi. Buatlah tubuh kita senyaman mungkin saat berpakaian.
  • Melakukan refreshing sejenak dari rutinitas yang melelahkan
    Melakukan refreshing sejenak atau mengurangi kegiatan yang cukup melelahkan dapat menghilangkan stress dan kejenuhan dalam kegiatan kita, sehingga badan dan pikiran kita dapat lebih fresh lebih fokus untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.
  • Kompres perut
    Mengompres bagian perut yang nyeri dengan air hangat dapat mengurangi nyeri. Panas akan menstimulasi  otot-otot yan tegang dan menyebabkan sakit lebih berkurang. Minum susu hangat juga bisa meredakan nyeri.
  • Periksa kesehatan ke dokter jika mengalami suatu penyakit yang tidak diketahui sebelumnya

Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa disertai do’a disetiap kegiatan. ^_^

About UKHTI STIS

Salah satu divisi ROHIS, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Posted on 1 April 2013, in Edisi Maret 2013 and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: