tayamum

Seorang Ustadz selalu memberi tau materi pelajaran yang akan dijarkan esok hari dengan harapan murid-muridnya dapat mempersiapkan pelajaran di rumah.
Hari 1 (saat mau pulang)
Uztad : “Anak-anak besok kita akan belajar puasa. Pelajari dulu di rumah cara-cara puasa ya”
Anak2 : “Iya pak Ustadz..”
Hari 2
Uztad : “Gimana anak-anak? Ada yang tau cara-cara puasa?”
Dodot : “Saya pak…!! Puasa diawali dengan niat, sahur dan tidak makan minum sampai magrib. Hari ini saya puasa pak.”
Uztadz : “pintar kamu, Dot… malah langsung diterapkan. Okey besok kita akan belajar Wudlu. Jadi kalo sebelum sembahyang kita mesti wudlu dulu. Belajar dulu di rumah ya..!!”
Hari 3
Uztad : “Gimana anak2? Ada yang tau urutan wudlu?”
Dodot : “Saya pak…!! Wudlu diawali dari mencuci dengan Air telapak tangan, BERKUMUR, Muka, Tangan, rambut, telinga, dan kaki. jangan lupa berdoa setelah wudlu. Saya sekarang belum batal pak, habis wudlu sembahyang Dzuhur tadi”
Uztadz : “Bagus Dot… Kamu memang murid yang pintar. Anak2, besok kita belajar Tayamum. Sedikit informasi kalo Tayamum itu mirip dengan wudlu, fungsinya untuk bersuci jika tidak ada air. Pengganti airnya adalah debu. Oke silahkan kalian belajar dulu di rumah ya…!!”
Anak2 : “Iya pak Ustadz..!!!”
Hari 4
Uztad : “Gimana anak2? Ada yang bagaimana cara Tayamum?”
Dodot : “Saya pak…!! tapi saya mau tanya dulu pak, emang benar ya pak Tayamum dengan DEBU Pengganti Wudhu?”
Uztad : “Iya… Tayamum memang pengganti Wudlu”
Dodot : “ini gak bener pak… saya sudah mempraktekan ternyata tidak bisa..!!”
Uztad : “Emang gimana?”
Dodot : “Saya sudah mulai dari telapak tangan.. kemudian saya coba kumur-kumur, rasanya aneh pak… bener deh…! ”
Uztadz : ” Weaalah Dodot….???

 

Hhhmm…. Sobat ukhti, ternya belajar dengan guru pun kadang masih salah kalau kita salah mengartikan penjelasan dari guru tersebut. Trus apa jadinya kalau tanpa guru ?? (Er)

About UKHTI STIS

Salah satu divisi ROHIS, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Posted on 9 October 2010, in Edisi V 2010 and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

