SHALAT

 

Pernahkah ukhti mengalami hal ini di subuh hari? Alarm pertama jam 4 bunyi. Melek sedikit eh merem lagi. Trus alarm ke-2 bunyi. Kepala nengok sedikit tapi karena pewe (posisi enak) gak mau bangun juga. Sampai alarmnya sudah bosan berbunyi, tetap aja ukhti ngulet dengan nyamannya di kasur tercinta. Sekalinya bangun dengan segera itupun karena ada kuliah dadakan jam 7 atau ditelpon ortu. Adakah sesuatu yang panggilannya seharusnya lebih kuat dari sekedar kuliah ataupun telepon ukh? Yupz jawabannya adalah shalat !

Nasehat lagi, Bosan! Eits…sabar ukh segala kebajikan kalau gak selalu diingatkan akan menjadi lupa dan akhirnya jadi kebiasaan. So, tetap setia buat baca ya.

Kenapa shalat begitu penting? Shalat merupakan salah satu pilar agama yang menduduki peringkat dua setelah syahadat. Merupakan ibadah mahdhah yang pertama kali diwajibkan dimulai saat peristiwa isra’ mi’raj. Mengerjakannya pada awal waktu merupakan amalan terbaik dan meninggalkannya adalah kufur. Dan merupakan amalan yang ditanya pertama kali di hari perhitungan nanti. Sebagaimana dalam Q.S. Al Ankabut : 45

“ Dan dirikanlah shalat sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan keji dan munkar”

Wanita muslimah yang meninggalkan shalat dianggap telah berbuat kufur, namun tidak berarti telah keluar dari Islam. Akan tetapi Allah telah mengancam orang-orang yang mengabaikan shalat ini, sebagaimana firman-Nya:

“ Maka datanglah sesudah mereka pengganti yang menyia-nyiakan shalat dan menuruti hawa nafsu, maka mereka kelak akan menemui kesesatan” (Q.S Maryam : 59)

Dalam hadits juga dikatakan:

“Sesungguhnya ikatan perjanjian yang membedakan antara kita dan nereka (orang-orang kafir) adalah shalat. Karenanya, barangsiapa meninggalkan shalat berarti ia telah kufur.” (HR. An-Nasa’i)

KENAPA? Menurut ijma’ ulama, wanita muslimah yang meninggalkan shalat karena ingkar, maka ia telah kafir dan keluar dari Islam. Sedang apabila meninggalkan shalat yang masih disertai rasa keimanan dan keyakinan terhadap hukum wajibnya, dimana ia meninggalkannya karena malas atau sibuk, yang menurut syari’at tidak tergolong sebagai alasan yang dapat diterima, maka banyak hadits yang mengkufurkannya. Dari Abdullah bin Amr bin Ash, dari Nabi SAW, dimana suatu hari beliau pernah berbicara mengenai shalat seraya bersabda:

“ Barangsiapa memeliharanya, maka shalatnya itu merupakan cahaya baginya, juga sebagai bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang tidak memeliharanya, maka tidak akan mendapatkan cahaya, burhan serta keselamatan pada hari kiamat kelak dan ia akan dikumpulkan bersama Qarun, Fir’aun, Haman, dan Ubai bin Khalaf” (HR. Ahmad, Thabrani, Ibnu Hibban dan isnad hadits ini jayyid)

Naudzubillahimindzalik. Padahal selidik punya selidik shalat kita saat ini sudah diringankan loh.  Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu :

“Shalat itu pada awalnya diwajibkan kepada Nabi pada malam diperjalankannya Nabi sebanyak lima puluh kali. Kemudian dikurangi hingga akhirnya menjadi lima. Setelah itu beliau berseru: Wahai Muhammad, sesungguhnya tidak ada firman yang dapat diganti di hadapan-Ku dan dengan lima shalat ini kamu akan mendapatkan pahala sebanyak lima puluh kali lipat. ” (HR. Ahmad, An-Nasa’I, Tirmidzi dan disahihkannya)

Jadi, apa kita masih mau ngulet bin malas di subuh hari maupun di empat waktu lainnya? Mudah-mudahan tidak. InsyaAllah. Karena shalat itu adalah kebutuhan bukan sekedar kewajiban.  Wallahu’alambishowab. (Ran^O^Mi)

Sumber: Disarikan dari Fiqih Wanita yang ditulis oleh Syaikh Kamil Muhammad ‘Uwaidah

About UKHTI STIS

Salah satu divisi ROHIS, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Posted on 9 October 2010, in Edisi IV 2010 and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: