BERHIAS BAGI SEORANG MUSLIMAH

 

 

Wanita pada dasarnya diciptakan Allah indah. Muslimah yang cerdas tau lah bagaimana mengelola dan menjaga investasi ini. “Muslimah itu harus cantik low,.??” jangan mentang-mentang ditutup rapat jadi tidak pernah dirawat. Bahkan mandi aja sekali sehari, apalagi musim hujan males mandi da,..hayo yang merasa dah senyum-senyum ni..^.^

Sobat ukhti, berhias itu pada dasarnya merupakan sunnah alamiah, dari Aisyah, Rasulullah bersabda:

sepuluh  yang termasuk fitrah : mencukur kumis, memotong kuku, menyela-nyela (mencuci jari jemari), memanjangkan jenggot, siwak, istinsyaq (memasukan air ke hidung), mencabut bulu ketiak, mencukur rambut kemaluan, dan istiqashul ma’a istinja) “Mush’abbin Syaibah mengatakan: “Aku lupa yang kesepuluh, melainkan berkumur.”

Nah, tu ukh uda dijelasin ama rasullah,.kita harus menjaga kebersihan diri kita agar sehat dan tetap cantik tentunya, kecuali yg memanjangkan jenggot ya. Namun bukan berarti kita bisa sesuka hati berhias dengan mengumbar di muka umum itu namanya tabarruj. Dan itu sangat dimurkai oleh Allah. Dalam surat Al-Ahzab :33 disebutkan, “janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu.”

Di dalam islam sendiri ada beberapa aturan bagi kaum wanita dalam berhias yaitu:

  1. Dilarang menyambung rambut.

Dari Asma’ binti Abu Bakar As-Shiddiq, seorang wanita datang kepada Rasulullah seraya berkata, “Wahai Rasululllah, aku mempunyai seorang puteri yang terserang, sehingga rambutnya rontok, apakah berdosa jika menyambungnya?” Beliau menjawab, “ Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan wanita yang meminta disambungkan rambutnya”. Ini ni yang lagi musim di salon dan nampaknya juga digemari artis kita. Na’udzubillahimindalik. Kasih tau tu ama artisnya klo itu gak boleh. Loh kuk jadi kita yang ngejudge mereka.

  1. Dilarang membuat tato, mencukur alis dan merenggangkan gigi.

“Allah melaknat wanita yang membuat tato dan wanita yang meminta dibuatkan tato, yang mencukur alisnya dan wanita yang meminta direnggangkan giginya untuk mempercantik diri, yang mereka semua merubah ciptaan Allah.” (Muttafaqun ‘Alaih)

  1. Tidak diperbolehkan memakai wewangian yang tercium aromanya oleh orang lain.

“ Setiap wanita mana saja yang memakai wangi-wangian lalu dia berjalan melewati suatu kaum supaya mereka mencium bau wanginya itu, berarti dia telah berzina.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi).

  1. Mengenakan pakaian yang menutup aurat dan syar’i.

“ Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kalian untuk menutupi aurat kalian dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (Al-A’raf :26)

  1. Diperbolehkan memakai pakaian sutera.

Dari Anas dia menceritakan :” Aku pernah melihat pada diri Zainab binti Rasulullah baju sutera yang bergaris.”

  1. Diperbolehkan memakai kutek

Ada seorang wanita yang bertanya kepada Aisyah mengnai kutek dengan daun pacar, maka ia menjawab; “Boleh-boleh saja, tetapi aku tidak menyukainya, karena suamiku tersayang  (Rasulullah) tidak menyukai baunya.” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i)

 

Sebenarnya masih banyak lagi ukh, seperti larangan menjulurkan pakaian dan dimakruhkannya memperlihatkan perhiasan yang dipakai. Jadi kita sebagai muslimah tetap berhias dengan aturan-aturan yang ada dan tetap menjaga kebersihan diri ya. Hmm..semoga bermanfaat ya.. semangat!^.^ (Fr)

 

Maroji’ : Fiqih Wanita, Syaikh Kamil Muhammad ‘Uwaidah.

About UKHTI STIS

Salah satu divisi ROHIS, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Posted on 9 October 2010, in Edisi V 2010 and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: