It’s time to move on !!

Alhamdulillah, senang sekali Buletin UKHTI edisi perdana kepengurusan baru tahun ini bisa hadir. Masih semangat menimba ilmu dunia akhirat kan? Bagaimana persiapan UAS-nya? Semoga kita mendapatkan hasil terbaik. Amin.

Nah sobat, belum lama kita melewati pergantian tahun. Resolusi atau target tahun ini pastinya ingin yang lebih baik. Setiap perubahan seharusnya ditargetkan. Semakin tinggi target,semakin jelas tujuan hidup yang akan dicapai.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaknya setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”(QS. Al-Hasyr [59]: 18)

Sebagian kita mengetahui makna lafzhiyahnya, tapi tidak semuanya mampu merenungkannya menjadi stimulus yang merubah gaya hidup dan cara berfikir. Penyebabnya bisa jadi karena agenda duniawi yang memenuhi pikiran, sehingga tidak tersedia ruang dalam otak untuk program hidup di akhirat.

Penghalang Mengingat Akhirat

Agama menyuruh kita memperhatikan  visi dunia dan akherat. Namun, akhiratlah yang diprioritasnya. Gemerlapnya dunia sering membuat manusia buta, sehingga mereka lebih terpaut dengan dunia ketimbang akhirat. Memang dunia dijadikan Allah indah bagi manusia yang dengan keindahan itu manusia terpesona dan ingin mendapatkannya. (QS. Ali ‘Imran [3]: 14) Dibalik semua itu, kita harus sadar bahwa dunia hanyalah kenikmatan sementara. Sebagaimana Allah mengingatkan kita:

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megahan antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanaman-tanamannya mengagumkan para petani; Kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning. Kemudian menjadi hancur   Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya, dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu”. (QS. Al-Hadiid:20)

Merenung dan Merubah

Ayat-ayat di atas cukup dijadikan bahan introspeksi diri. Aktivitas yang bagaimana yang kita lakukan untuk kehidupan dunia dan akherat. Kalau semuanya masih jauh dari tuntunan agama, sekaranglah waktunya berubah. Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa berubah menjadi lebih baik. Bahkan tugas utama Rasul adalah memperbaiki akhlak manusia. Memperbaiki berarti berubah menjadi lebih baik.

Ukhti, sebenarnya siapa penentu perubahan itu? Diiri sendir dan Allah SWT. Sebab Allah  tidak akan merubah diri kita, sampai kita sendiri yang memulai merubah (QS. Ar-Ra’d [13] : 11). Itulah yang dinamakan ikhtiar. Sobat ukhti mungkin sudah pernah mendengar bahwa orang sukses adalah orang yang manpu memandang jauh ke depan. Artinya, ia memiliki visi dalam hidupnya. Mengapa demikian?? Orang yang mempunyai visi ini akan mengadakan pendekatan dengan Tuhannya.

Sobat ukhti, kita adalah hamba Allah yang akan diminta pertanggungjawaban terhadap semua amal kita di dunia. Berikut beberapa tips untuk selalu memperbaiki diri dan mendekat kepada Allah SWT.

1. Kenalilah Allah dengan ilmu Tauhid
2.Senantiasa membaca Al Qur’an untuk dipelajari, dihayati, diamalkan dan disebarkan.
3. Senantiasa berdzikir  dalam segala kondisi
4. Menyediakan waktu sepertiga malam untuk berkhalwat dengan  Allah
5.Menjaga sunnah Rasul dan menjaga keistiqomahan
6.Senantiasa berkumpul dengan para pecinta Allah dan RasulNya
7.Menjauhi segala hal yang dimurkai Allah.

Wah sepertinya sobat semua sudah siap untuk berubah niy. It’s time to move on.  Seimbangkan kehidupan dunia dan akhirat kita,raih kesuksesan keduanya. Jadikan pengalaman tahun lalu sebagai guru yang akan membawa ke arah yang baik. Selalu mengingat bahwa Allah selalu bersama kita. Allahu Akbar.

About UKHTI STIS

Salah satu divisi ROHIS, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Posted on 23 January 2010, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: